Peringatan Hari Santri, Pj Bupati Muaro Jambi Terharu

BERITA, INFORMASI, JAMBI52 Dilihat
LAMANJAMBI.COM  — Peringatan hari santri dan tabligh akbar HUT Kabupaten Muaro Jambi berlangsung meriah. Ribuan santri dan santriwati berkumpul dilapangan kantor Bupati Muaro Jambi.

Ribuan santri itu datang dari berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

Selain ribuan santri, dalam kegiatan itu juga dihadiri oleh Pj Bupati Muaro Jambi, Kakan Kemenag Provinsi Jambi, Kakan Kemenag Muaro Jambi, para kiyai.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyebut jika dirinya sangat terharu melihat acara yang semarak dengan hadirnya ribuan santri seperti ini.

Dengan peringatan hari santri ini, dirinya berharap santri bisa menjadi pelopor dan bisa menjaga marwah santri yang sesungguhnya.

Baca Juga :  Diduga Tak Kuat Menahan Beban Hidup, Sopir Asal Lampung Timur Gantung Diri di Jambi

“Saya sangat terharu sekali. Baru sekali ini saya mengikuti acara seramai ini. Ini bukti bahwa santri di Muaro Jambi komitmen,” katanya.

Lebih lanjut Bachyuni menyebut, santri sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa. Dan santri merupakan tokoh masa depan.

Saat ini, kata Bachyuni santri merupakan prioritas di segala tempat. Seperti masuk TNI, Polri dan lain sebagainya.

“Masuk TNI, ada jalur khusus untuk santri, masuk Polisi ada juga jalur khusus,” imbuhnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Provinsi Jambi H Zoztafia mengucapkan apresiasi kepada Pj Bupati Muaro Jambi yang telah menyelenggarakan kegiatan akbar seperti ini.

Baca Juga :  PPDB 2022, Dewan Minta Dilaksanakan Sesuai Prosedur

Dalam sambutannya Zoztafia menyebut jika santri sangat berperan dalam kemajuan bangsa Indonesia. Katanya, Presiden Jokowi telah menetapkan hari santri yang kita peringati sekarang ini.

Katanya,  peranan santri dalam berbagai momen penting dalam perjuangan bangsa Indonesia ini sangat tinggi, oleh karena itu, dirinya menyebut jika.

Katanya, penghargaan pemerintah tahun 2019 dikeluarkan undang-undang nomor 18 tentang pondok pesantren yang mengatur secara baik. Peranan pemerintah dalam pengaturan pondok pesantren dan hadirlah direktur pondok pesantren Direktorat pondok pesantren di Kementerian Agama.

Baca Juga :  Rapel Gaji Guru Belum dibayarkan, Dewan Muaro Jambi Minta Segera diselesaikan

Selain itu, di tahun 2021 dikeluarkan Peraturan Presiden nomor 82 yang membolehkan pemerintah daerah untuk membantu pondok pesantren dari aspek pertama.

“Kalian menjadi bagian penting di negara ini,” kata Zoztafia.

Dengan dikeluarkannya peraturan tersebut, dirinya berharap kedepan hubungan pemerintah dalam rangka membantu pondok pesantren yang ada di Kabupaten.

“Sekali lagi terimakasih banyak kami ucapkan kepada pemerintah Kabupaten Muaro Jambi,” katanya.

Dalam kegiatan ini, pemerintah Kabupaten Muaro Jambi juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan kemenag, MUI dan pondok pesantren lainnya. (*)