Antisipasi Karhutlah, Pj Bupati Minta Masyarakat tak Bakar Lahan

INFORMASI42 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Pemerintah Provinsi Jambi menggelar rapat koordinasi (Rakor) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi Tahun 2023. Kegiatan itu dilakukan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi. Selasa (18/7) malam.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Jambi H Al Haris serta dihadiri oleh kepala BNPB RI, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Danrem 042/Garuda Putih Jambi, Kapolda Jambi, BPBD Provinsi Jambi dan para Bupati dan Walikota Se-provinsi Jambi, serta para Kapolres Polda Jambi.

Dari Kabupaten Muaro Jambi hadir Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH., MH., didampingi Kapolres Muaro Jambi AKBP Muharman Arta, S.I.K., dan Kepala BPBD Kabupaten Muaro Jambi, Alias, SH.,MH.

Baca Juga :  Kreeen, Kominfo Muaro Jambi Raih Penghargaan dari BPKAD

Penjabat Bupati Bachyuni Deliansyah, akan menindaklanjuti dalam pertemuan Rakor Karhutla dan akan menegaskan pada semua pihak dan stakeholder jangan lengah dan perlu sedini mungkin untuk melakukan antisipasi dan langkah guna upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Negeri Sailun Salimbai.

“Saya mengimbau dan mengajak kepada masyarakat, Camat, Kepala Desa dan para perusahaan yang begerak diperkebunan semuanya ikut bersama-sama siap siaga antisipasi Karhutla, dengan harapan didaerah kita itu jangan sampai terjadi Karhutla lagi,” harap Pj. Bupati Muaro Jambi.

Baca Juga :  Pj Bupati Serahkan SK Ratusan PPPK Muaro Jambi

Selain itu, dia juga meminta kepada masyarakat dan perusahaan jika membuka lahan untuk berkebun ikuti aturan Pemerintah, terutama jangan membuka kebun atau lahan dengan cara membakar.

“Saya minta tolong kepada masyarakat khususnya Kabupaten Muaro Iambi jangan membuka lahan dengan cara membakar, seluas apapun tidak boleh dengan cara membakar. Pak Gubernur tadi juga berpesan, agar masyarakat berperan aktif untuk mencegah terjadinya Karhutla didaerahnya masing-masing, jangan sampai ada yang melanggar, karena ada sanksi hukum,” ujarnya.

Baca Juga :  Waspada, Ratusan Sapi di Muaro Jambi Terserang PMK

Rakor Karhutla tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB Republik Indonesia RI Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos., MM., dan dipandu oleh Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos. MH., sebagai Moderator Rakor Karhutla Provinsi Jambi, Dalam arahannya, Kepala BNPB menyampaikan agar melakukan Apel Kesiapsiagaan secara rutin.

“Karhutla menjadi atensi langsung Presiden, Jangan lengah. Bentuk Satgas, dan lakukan patroli secara rutin”, tutur Mayjen TNI Suharyanto.

Untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) khususnya pada provinsi Jambi. (*)