Pabung Muaro Jambi Hadiri Sosialisasi Kesadaran Bela Negara

BERITA, INFORMASI, JAMBI87 Dilihat

LAMANJAMBI.COM – Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya.

Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) ditujukan untuk membangun, membentuk sikap mental dan karakter seluruh warga negara agar memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai idiologi negara, rela berkorban bagi negara dan bangsa serta memiliki kemampuan awal Bela Negara, baik secara fisik maupun psikis.

Baca Juga :  Breaking News, Pelaku Pembunuhan Pembeli Pepaya di Bungo ditangkap

Kementerian Pertahanan RI menggelar Sosialisasi PKBN lingkup masyarakat kota Jambi yang digelar diBall Room Swisbell Hotel Jambi, Kamis (06/06/2024).

Sosialisasi PKBN dilakukan dalam rangka menyebarluaskan nilai dasar Bela Negara. Pada saat pembukaan, dibacakan amanat Dirjen Pothan oleh Ditjen Pothan Kemhan Brigjen TNI G Eko Sunarto, S.Pd., M.Si dihadapan 230 orang Ormas, Toga, Todat dan organisasi lainnya.

Dalam sambutan yang disampaikannya menegaskan bahwa Bela Negara tidak hanya menjadi tanggung jawab kementrian pertahanan dan TNI semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama seluruh kementerian/lembaga termasuk pemda serta seluruh komponen bangsa lainnya.

Baca Juga :  Bandingkan Batubara di Jambi dengan Kalimantan, Elfisina Sebut di Jambi Ruwet

Kegiatan PKBN dihadiri juga Pasi Wanwil Korem 042/Gapu, Staf ahli Walikota Jambi, ketua DPRD kota Jambi, Pabung Muaro Jambi, Kasat Binmas Polresta Jambi, Dansatlak Gakkum Denpom ll/2 Jambi, Panitera Pengadilan Negeri kota Jambi dan Kakan Kesbangpol kota Jambi.

Senada dengan sambutan yang dibacakan Ditpothan Kemhan, Pabung Muaro Jambi Mayor Inf Beni menegaskan jika nilai-nilai Bela Negara sangat penting untuk ditanamkan kepada seluruh warga negara, sebagai upaya untuk memperkuat militansi sekaligus untuk membangun saya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas ancaman guna mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh, bebernya.

Baca Juga :  Usai Pesantren Kilat, Sejumlah Peserta Langsung Berikan Santunan

PKBN menjadi tanggung jawab bersama untuk melindungi dan memajukan negara. Semestinya ditanamkan sedini mungkin kepada generasi muda.

Dengan menanamkan semangat Bela Negara sejak dini, tidak hanya menghasilkan warga negara yang patriotik dan peduli, tetapi juga membangun fondasi yang kuat bagi kemajuan dan keberlanjutan negara ini, tutupnya.