Pj Bupati Dampingi Gubernur diacara Peletakan Batu Pertama LP di Sengeti

Adv, BERITA, INFORMASI, JAMBI73 Dilihat

LAMANJAMBI.COM — Belum lama ini, pemerintah Kabupaten Muaro Jambi menghibahkan lahan seluas 6,2 hektar kepada Kemenkumham Provinsi Jambi.

Diatas lahan tersebut bakal dibangun Lembaga Pemasyarakatan (LP) klas IIA Jambi. Karena lapas yang berbeda di Kota Jambi sudah overload dan sudah tak layak lagi.

Rencana pembangunan tersebut benar-benar terwujud. Rabu (3/8), Gubernur Jambi melakukan peletakan batu pertama pembangunan Lapas tersebut.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mendampingi Gubernur Jambi H Al Haris melakukan peletakan Batu Pertama Pembangunan Lapas Klas IIA Jambi.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyebut dengan dibangunkan lapas ini dirinya berharap warga binaan bisa nyaman dan keluar dari lapas bisa lebih baik lagi.

Baca Juga :  Breaking News, Warga Merangin Temukan 2 Mayat didalam Karung

“Keluar dari sini bisa lebih baik, punya kemampuan dan keahlian, keterampilan sehingga keluar nantinya bisa diterima oleh masyarakat,” kata Bachyuni.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris menyebut, lapas Klas IIA Jambi memang sudah selayaknya pindah, sebab kondisi lapas yang ada di Kota Jambi itu sudah overload.

Selain overload lapas klas IIA Jambi juga sering mengalami persoalan, seperti banjir, jebol hingga kejadian lain yang berpotensi terjadinya chaos.

Menurut Haris, lapas bukanlah tempat menghukum orang, namun lapas merupakan tempat membina, maka dari itu, lapas harus bagus.

“Ini adalah solusi tepat mengatasi permasalahan yang ada,” kata Haris.

Baca Juga :  Stockpile di Kota Jambi, Rocky Candra : Investasi boleh, tapi jangan ganggu Masyarakat

Dia berharap, setelah menjalani masa pembinaan dilapas, nantinya semua warga binaan bisa kembali ketengah masyarakat dan menjadi lebih baik serta tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat.

“Selesai menjadi warga binaan, nanti bisa kembali ke masyarakat dia sudah bisa jadi orang yang sadar, tinggalkan semua hal yang gelap, agar bisa meraih mimpinya dan masa depannya itu harapan saya ke depan,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, hadir Kakanwil KUMHAM Jambi, Kalapas Klas IIA Jambi, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, Kalapas Perempuan, Kapolres, dan unsur Forkompinda Kabupaten Muaro Jambi.

Kakanwil Kumham Jambi, Tolib menyebut jika pembangunan lapas ini menggunakan anggaran dana APBN dengan lama pembangunan tiga tahun.

Baca Juga :  Ketua DPRD Muaro Jambi Hadiri Donor darah Hari Adhyaksa ke-62

“Ini pembangunan multi years selama tiga tahun,” kata Tolib.

Katanya, pembangunan ini nanti akan bertahap. Untuk tahun 2023 pihaknya juga sudah mengusulkan, harapan tentunya tidak lebih dari tiga tahun pembangunan sudah selesai dan sudah siap huni.

“Karena memang dalam rangka untuk mengatasi masalah ini perlu segera ada,” imbuhnya.

Dia sangat berterimakasih kepada gubernur Jambi yang telah mensupport apa yang dilakukan oleh Kumham selama ini, termasuk pemerintah Kabupaten Muaro Jambi yang telah menghibahkan tanah untuk dibangunkan lapas ini. (*)