HAN 2022, Pj Bupati Harap Orangtua Harus didik Anak dengan Baik

Adv, BERITA, INFORMASI, JAMBI142 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022.

Peringatan HAN kali ini terpusat didepan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam kegiatan itu dihadiri langsung oleh Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, bunda PAUD Kabupaten Muaro Jambi perwakilan Bunda PAUD Provinsi Jambi perkom pindah Kabupaten Muaro Jambi dan beberapa opini di lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

Dalam amanatnya, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah menyebut jika anak adalah aset bangsa dan anak adalah generasi emas penerus bangsa serta ada anak adalah tonggak penerus kepemimpinan di negeri ini.

Baca Juga :  Seorang Warga Bangko Tewas Tertusuk Pisau

“Supaya negeri ini maju maka diperlukan pembekalan kepada anak-anak kita secara tersistem dan terprogram,” kata Bachyuni.

Katanya, dalam mendidik anak harus memberikan yang terbaik. Untuk itu mari hiasi kegiatan rumah menjadi kegiatan yang edukatif. Jangan biarkan anak-anak berlama-lama dengan ponsel pintarnya. Jangan biarkan anak anak lama menyendiri karena kurang perhatian dan jangan pula mendidik anak secara terus-menerus otoriter dan mengekang anak.

“Anak adalah harapan bagi orang tuanya tapi terkadang kita lupa bahwa mereka itu adalah cerminan dari perilaku kita di masa kita kecil dulu,” kata Bachyuni.

Lebih lanjut Mbak Yuni menyebut jika anak merupakan peniru ulung alias imitator terbaik. Seperti apa kita sering bergaya seperti itu pula mereka mengikuti dan seperti apa kita berkata-kata seperti itu pula yang diikuti oleh anak-anak.

Baca Juga :  2 Pelaku Investasi Bodong di Merangin Meringkuk dibalik dijeruji Besi. Polres Minta Korban Lain Ikut Lapor

Untuk itu, selain mengajarkan pentingnya pendidikan dan karakter sebenarnya pendidikan terbaik untuk anak-anak adalah mendidik dengan keteladanan, karena sejatinya anak-anak adalah budayanya kebaikan. Anak akan terus melakukan hal-hal yang ia senangi dan yang sukai.

Jika hal yang disukai anak adalah kekerasan, penyimpangan sosial, pergaulan bebas hingga karakter yang buruk, maka awas jangan-jangan ada yang salah dengan Rumah Kita. Ada yang salah dengan perilaku kita dan ada yang salah dari cara kita mendidik anak.

Baca Juga :  Target Menang di Pemilu 2024, Perindo Bungo Tunjuk Azroni Sebagai Ketua Bappilu

“Untuk itu mari kita sempatkan untuk berbagi kisah dengan anak-anak, mendengar cerita mereka serta berada sedikit lebih lama di samping mereka. Lindungi anak-anak kita Karena itulah Salah satu cara terbaik untuk Indonesia maju,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus menyebut jika dihari anak tahun ini dilakukan secara meriah dengan melibatkan bunda paud se Kabupaten Muaro Jambi.

Diharapkan dengan kegiatan ini orangtua lebih baik lagi dalam mendidik anak, sebab anak merupakan generasi emas masa depan. (*)