Pemilu 2024, Kejari Muaro Jambi siap Dampingi KPU

LAMANJAMBI.COM, – Kejaksaan Negeri (Kejari) Muaro Jambi siap membackup Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muaro Jambi dalam pemilu 2024 mendatang.

Kejari melalui pengacara negara akan membantu KPU mulai dari tahapan hingga pascapemilu mendatang. Hal itu tertuang dalam perjanjian kerjasama antara Kejari Muaro Jambi dengan KPU Muaro Jambi.

Kajari Muaro Jambi, Kamin. SH.,MH usai penanda tanganan kerjasama menyebut jika Kejari siap membantu KPU. Katanya, mereka akan mendampingi KPU mulai dari anggaran hingga yang lainnya.

“Dari pihak Kejaksaan Negeri Muaro Jambi melalui kerja Pengacara negara siap untuk mendampingi dari sisi manapun,” kata Kajari. Rabu (31/8).

Baca Juga :  Rumah Makan Saoenk Kito Kebakaran, Api Jilat Bangunan Hingga Rata

Katanya, Kejari Muaro Jambi memberikan bantuan hukum kepada KPU baik dari dalam maupun dari luar pengadilan. Kemudian memberikan pertimbangan hukum dan memberikan pendapat hukum serta pendampingan hukum dan tindakan hukum lainnya adalah tindakan hukum dapat berupa mediasi dan fasilitator dengan tujuan pemulihan dan atau penyelamatan keuangan kekayaan aset milik KPU.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Muaro Jambi, Elfi Prasatia juga menyebut jika pihak KPU telah menandatangani MoU dengan Kejari Muaro Jambi terkait dengan pemilu 2024.

Baca Juga :  Resmi dilantik jadi Dirut PDAM Muaro Jambi, Elis Pirsada ditantang Berinovasi oleh Pj Bupati

Kata Elfi, dengan kerjasama ini mereka berharap agar Kejari Muaro Jambi memberikan masukan-masukan berhubungan dengan potensi-potensi konflik yang mungkin akan terjadi.

“Kalaupun misalnya terjadi, nanti kita bisa berkonsultasi secara hukum dengan pihak Kejaksaan. Mudah-mudahan nanti ada solusi yang bisa kita dapatkan untuk menghadapi atau mengantisipasi hal-hal yang seperti saya sampaikan tadi,” kata Elfi.

Sesuai apa yang disebutkan Kajari, kata Elfi, pendampingan itu nantinya tidak hanya berhubungan dengan tahapan saja tapi berhubungan dengan pengelolaan keuangan, baik itu berhubungan dengan pihak ketiga ataupun pengadaan dan segala macamnya.

Baca Juga :  Bawaslu Muaro Jambi Umumkan Hasil Seleksi Administrasi Panwascam, Berikut Nama-namanya

Oleh karena itu, setelah kerjasama ini terjalin, nantinya mereka akan lebih intens berkoordinasi dan berkonsultasi dengan harapan yang lakukan bisa sesuai dengan aturan ataupun regulasi yang ada. Harapannya nanti tidak hanya sukses untuk pelaksanaan teknis pelaksanaan Pemilu, tetapi sukses juga untuk pertanggungjawaban.

“Terimakasih pak Kajari Muaro Jambi atas kerjasama yang telah dibuat ini, semoga kedepan lebih baik lagi,” imbuhnya.

Penandatanganan kerjasama ini disaksikan oleh anggota KPU Provinsi Jambi, Suparmin, Jaksa, komisioner KPU Kabupaten Muaro Jambi dan tamu undangan lainnya. (*)