Pastikan Harga Sembako, Tim TPID Muaro Jambi Sidak ke Pasar Sengeti

INFORMASI68 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Muaro Jambi melakukan inspeksi mendadak di Pasar Tradisional Sengeti. Terpantau sejumlah harga bahan pokok terbilang stabil, namun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan, seperti ikan nila dan patin.

Tim pengendalian inflasi daerah Kabupaten Muaro Jambi menggelar infeksi mendadak atau sidak di pasar tradisional Sengeti Kecamatan Sekernan. Sidak yang dipimpin oleh Pj. Bupati Bachyuni Deliansyah, SH., MH untuk memastikan ketersedian bahan pokok dan harga jual di pasar jelang bulan suci Ramadhan 1444 hijriyah. Dari hasil pengecekan yang digelar pada hari Senin pagi (20/03/23) banyak penjual dan pembeli yang mengeluh terkait dengan sejumlah komoditas yang harganya naik.

Baca Juga :  Siap-siap, Mulai Besok ada Pemutihan Pajak Kendaraan

Salah satu yang mengalami kenaikan tersebut yakni ikan nila, kini dijual diharga Rp. 36.000 perkilo, sebelumnya hanya Rp. 30.000,-. Kemudian ikan patin dari harga Rp. 20.000,- menjadi Rp. 25.000,- perkilo, kenaikan harga ikan ini sudah terjadi sejak satu bulan yang lalu. Para penjual ikan tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga ikan. Tingginya harga, tentu berdampak dengan daya beli masyarakat. Biasanya dalam satu hari bisa terjual 50 kilo, namun kini hanya terjual 30 kilo.

Baca Juga :  Edi Purwanto Hadiri Penutupan Sepak Bola dalam HUT Sarolangun

Sedangkan untuk bahan pokok lainnya terpantau masih stabil, Seperti cabai merah di jual Rp. 35.000,-perkilo. Kemudian Cabai Rawit Rp. 50.000,- perkilo sedangkan untuk harga Bawang Merah dan Bawang Putih, masing masing di harga Rp. 30.000 perkilonya.

Baca Juga :  Sindikat Peredaran Uang Palsu diamankan, Polisi Sita Rp 12,5 Juta

Pada kesempatan tersebut Pj. Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, pihaknya akan kembali menggelar rapat untuk memastikan ketersediaan bahan pokok aman di pasar, sehingga tidak ada gejolak harga pada momentum menyambut Bulan Suci Ramadhan tahun ini.

Infeksi mendadak ke pasar akan terus dilakukan oleh TPID Muaro Jambi hingga bulan puasa nanti, tim tidak hanya melakukan sidak harga di pasar sengeti, akan tetapi juga sidak ke pasar tradisional lainnya. (*)