Kembali Raih WTP ke-11 Kali, Edi Purwanto Apresiasi Pemprov Jambi

INFORMASI103 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Pemerintah Provinsi Jambi (Pemprov Jambi) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah (LKP) tahun anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Pemprov Jambi mempertahankan capaian ini untuk kesebelas kalinya.
Gubernur Jambi Al Haris berterima kasih karena BPK telah memberikan opini terbaik kepada Pemprov Jambi. Meski telah meraih keberhasilan ini, pihaknya terus berbenah terutama kepada OPD yang dianggap kurang maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Jadi memang ini WTP yang kali 11 ya, tapi kita juga mencatat beberapa item yang saya anggap masih lemah dan ini yang saya minta ke depan tidak ada lagi semua OPD seperti ini,” kata Al Haris dalam keterangan tertulis, Selasa (23/5).

Baca Juga :  Bahas APBD, Dewan Gelar Paripurna

Al Haris mengaku pihaknya belum puas diri dengan adanya Opini WTP ini. Dalam catatan BPK RI Perwakilan Jambi masih banyak ditemukan beberapa persoalan atau temuan di laporan keuangan daerah di beberapa OPD Pemprov Jambi.

Walau adanya opini WTP ini jujur saja saya merasa belum puas diri dengan hasil bahwa memang kita WTP tetapi saya tahu bahwa di dalam nya masih ada tidak puas dengan apa yang saya pimpin sehingga masih banyak yang lemah-lemah dimata BPK RI,” tuturnya.

Al Haris menambahkan pihaknya akan terus melakukan evaluasi bagi OPD yang lemah, sebab masih banyak jadi temuan BPK.

Baca Juga :  Meresahkan, Polresta Jambi Gerebek Basecamp Narkoba di Jambi Timur

“Di sini kan bisa kelihatan bagi mereka yang mau bekerja mana yang tidak di sini juga kelihatan laporan keuangannya juga kurang baik di sini kan kelihatan, kita minta inspektorat kembali menguasai ini dengan baik dan kita akan evaluasi betul kerja, kinerja yang mana regulasinya sudah ada dan itu jelas kok,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengapresiasi Gubernur Jambi dan jajarannya atas perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI daerah Jambi.

Penghargaan WTP itu diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada Pemprov Jambi atas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2022.

Baca Juga :  Ivan Wirata Hadiri Kegiatan Hari Lingkungan Hidup di Senaung

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jambi atas penghargaan WTP yang diterima dari BPK RI yang kesebelas kalinya,” kata Edi Purwanto.

Didamping itu, Edi Purwanto juga meminta agar Gubernur Jambi dan OPD di lingkup Provinsi Jambi terus melakukan evaluasi kinerja dan melakukan perbaikan. Khususnya pada temuan-temuan yang berulang dan belum ditindakaklanjuti.

“Opini WTP kan sebenarnya kewajiban, karena terkait kewajaran penyajian laporan keuangan, lebih dalam dari itu saya harap Gubernur dan OPD fokus pada temuan, kenapa bisa terjadi, khususnya temuan yang berulang, apa tindak lanjutnya,” tutur Edi.