Diisukan Main Duit, KPK Pantau Pengusulan Nama PJ Bupati Merangin

INFORMASI59 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Tim KPK dikabarkan berada di Jambi. Informasinya, mereka melakukan pemantauan proses pengusulan nama-nama yang bakal diusulkan menjadi Penjabat Bupati Merangin.

Hingga saat ini tiga nama usulan Pejabat (Pj) Bupati Merangin tidak tersiar ke publik, sementara DPRD Merangin sudah membahas tiga nama Pj Bupati tersebut untuk diusulkan ke Kemendagri pada Kamis 05 Agustus 2023 lalu.

Beredar kabar tiga nama tersebut sengaja tidak dipublikasikan oleh DPRD Merangin, tentu ini jauh berbeda seperti yang dilakukan oleh DPRD Sarolangun, DPRD Tebo, dan DPRD Muaro Jambi terkait usulan Pj Bupati yang namanya langsung diketahui khalayak ramai setelah paripurna.

Kabarnya paripurna untuk pengusulan nama Pj Bupati Merangin dilakukan dengan fraksi menyerahkan nama-nama untuk Pj. Setelah itu kabarnya unsur pimpinan dewan melakukan rapat internal dengan pimpinan fraksi, belakang diketahui nama yang paling banyak muncul yakni Sardaini, Mukti Said, dan Fajarman.

Baca Juga :  Puluhan Penyakit tidak ditanggung BPJS. Ini daftarnya

Untuk diketahui Sardaini merupakan Kadis Koperasi UMKM Provinsi Jambi, Mukti Said Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jambi, dan Ir Fajarman Sekda Merangin.

Tersiar kabar tiga nama tersebut rencananya akan diserahkan langsung pimpinan DPRD Merangin ke Kementerian dalam negeri (Kemendagri) pada Selasa 8 Agustus 2023.

Terkait proses usulan Pj Bupati di DPRD Merangin yang namanya tidak tersiar ke publik, semakin menguatkan kabar ada indikasi permainan duit yang diduga dilakukan oleh oknum anggota DPRD Merangin. Bahkan indikasi ini sudah menjadi perbincangan di warung kopi.

Baca Juga :  Yuli Setia Bakti Pimpin Paripurna Pertanggungjawaban APBD dan RPJPD

“Yo dak heran lagi, saya juga dapat info itu, bahkan sudah menjadi konsumsi masyarakat di warung kopi,” ujar Tokoh Masyarakat Merangin.

Informasi yang juga tidak kalah hot didapatkan oleh media ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini sedang melakukan pemantauan proses penunjukan 3 nama Pj Bupati Merangin di DPRD Merangin.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu wartawan senior yang minta namanya tidak disebutkan. “Merangin ini rawan, info A1 KPK sedang mantau proses rekomendasi 3 nama calon Pj Bupati Merangin ini. Kalau Dewan benar-benar main duit, saya yakin bakal tertidur oleh KPK,” ujarnya.

Baca Juga :  Gelar Reses di Maro Sebo, Ivan Wirata dipanggil Bupati

Lebih jauh Wartawan senior Jambi ini mengungkapkan, sebenarnya KPK sudah beberapa bulan terakhir dikabarkan ada di Merangin. Hal ini lantaran adanya permasalahan keuangan di Pemda Merangin.

“Beberapa bulan belakang ini sebenarnya KPK sudah ada di merangin, ini dak terlepas dari persoalan keuangan di merangin yang terindikasi bermasalah,” tambahnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Merangin Mashuri dan Nilwan Yahya akan berakhir pada 22 September 2023 ini. Berdasarkan surat Menteri Dalam Negeri, usulan Penjabat (Pj) Bupati Merangin oleh Gubernur dan DPRD Merangin paling lambat tanggal 9 Agustus 2023 sudah harus dikirim ke Kemendagri.(*)

Sumber : pariwarajambi.com