Bachyuni Deliansyah Buka Pelatihan pengelolaan keuangan berbasis SIPD

BERITA, EKBIS, INFORMASI, JAMBI508 Dilihat

LAMANJAMBI.COM — Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Muaro Jambi menggelar acara pelatihan pengelolaan keuangan berbasis Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD RI). Kegiatan ini digelar di Surabaya Suite Hotel, Kamis, (22/02/2024).

Kegiatan pelatihan ini, dibuka langsung oleh Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah dan diikuti oleh 179 orang peserta dari setiap OPD Lingkup Pemkab Muaro Jambi.

Kepala BPKAD Kabupaten Muaro Jambi Alias, SH MH menyampaikan SIPD adalah sistem informasi yang membantu penyediaan data dan informasi pembangunan daerah, penyusunan perencanaan, pengelolaan keuangan daerah, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah secara elektronik.

Baca Juga :  Sirekap Bermasalah, Bawaslu Merangin Minta Pleno Terus Berjalan

Adapun pelaksanaannya kata Alias, SH MH adalah Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia. Hal ini sesuai dengan amanat undang-undang nomor 23 tahun 2014 dan Permendagri 70 tentang sistem informasi pemerintah daerah.

Lanjutnya, adapun tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan tentang penjelasan tahap-tahap penginputan data melalui aplikasi SIPD yang sekaligus diimplementasikan langsung oleh operator SIPD di setiap OPD.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah dalam rangka mendukung terwujudnya Good Governance dalam penyelenggaraan pemerintah, pengelolaan keuangan yang profesional dan bertanggung jawab,” ujarnya.

Baca Juga :  Kunker ke Sarolangun, Edi Purwanto Cek Perbaikan jalan dan Sekolah

Ditambahkannya, kegiatan ini diikuti oleh 197 peserta terdiri dari masing masing OPD Se-kabupaten Muaro Jambi. Adapun Nara Sumber yang didatangkan dalam kegiatan ini adalah, Plh Direktur Perencanaan dan Anggaran Daerah Kementrian Dalam Negeri, M Valindra SE MAP, dan Nara Sumber lainnya dari Kementrian Dalam Negeri dan Dosen Trisakti, Dr Deasy Aseandty MM CHRMP.

Sementara itu Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah usai membuka kegiatan tersebut menyampaikan agar seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin.

Baca Juga :  Bertahun-tahun Menderita Akibat Jalan Rusak, Berkat Maidani Jalan Mekar Jaya Mulus

“Saya sangat mengapresiasi yang sebesar besarnya kepada seluruh peserta yang hadir mengikuti acara ini. Pesan saya, ikuti kegiatan ini dengan sebaik mungkin agar bisa diterapkan di Kabupaten kita. Dan saya yakin, loyalitas untuk membangun kabupaten kita lebih maju itu, dimiliki oleh kalian semuanya. Ini untuk menuju Muaro Jambi Mantap Terdepan 2029,” terang Pj Bupati Bachyuni Deliansyah. (*)