Sekda Muaro Jambi Buka Workshop Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Teknis Bangunan

BERITA, INFORMASI, JAMBI163 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi menggelar Workshop Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Teknis Bangunan. Kamis (27/10).

 

Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa OPD teknis di Muaro Jambi ini dibuka langsung oleh Sekda Kabupaten Muaro Jambi, Budhi Hartono.

 

 

Dalam sambutannya, Budhi Hartono menyebut, kegiatan pembangunan baik fisik maupun non fisik memiliki peranan yang penting bagi kesejahteraan masyarakat. Sektor Jasa Konstruksi merupakan kegiatan masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang berfungsi sebagai pendukung atau prasarana aktivitas sosial ekonomi kemasyarakatan dan menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional.

 

Selain berperan mendukung berbagai bidang pembangunan, Jasa Konstruksi berperan pula untuk mendukung tumbuh dan berkembangnya berbagai industri barang dan jasa yang diperlukan dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi dan secara luas mendukung perekonomian nasional.

Baca Juga :  117 Orang Warga Muaro Jambi Terpapar Covid-19, Gejala Mirip Omicron

 

Oleh karena itu, penyelenggaraan Jasa Konstruksi harus menjamin ketertiban dan kepastian hukum serta dapat memenuhi tuntutan kebutuhan tata kelola yang baik dan dinamika perkembangan penyelenggaraan jasa konstruksi sesuai dengan perkembangan jaman maka Undang- Undang Nomor 18 Tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi diganti menjadi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

 

“Saya berharap dengan terselenggaranya kegiatan Workshop Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Teknis Bangunan benar-benar dapat meningkatkan kemampuan, wawasan dan ilmu pengetahuan seluruh peserta Badan Usaha serta instansi terkait Penyelenggaran Jasa Konstruksi di Kabupaten Muaro Jambi,” kata Budhi.

 

 

Baca Juga :  Air Sungai Batanghari Terus Meluap, Status hidrometeoroligi diperpanjang. Bachyuni: Warga Tetap Waspada

Setelah pembekalan ini, dirinya berharap agar semua peserta mampu menjadi Pelaksana dan Pengawas yang handal dan profesional. Dimana peran Pelaksana dan Pengawas sekarang mempunyai peran yang sangat penting dalam memberikan data dan informasi yang terupdate terkait Jasa Kontruksi.

 

Selain itu, nantinya peserta juga mampu bersinergi dengan sektor lain untuk menjalani peranan strategis dalam mendukung pembangunan Nasional, terkhusus mendukung pengembangan wilayah dan permukiman daerah yang adil dan sejahtera.

 

“Saya minta semua OPD bisa menjadi pelaksana dan mengawasi proses pembangunan dengan baik,” imbuhnya.

 

Kegiatan workshop ini akan digelar selama tiga hari, mulai hari ini, Kamis 27 hingga 29 Oktober mendatang.

 

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi, Yultasmi menyebut, kegiatan yang dilakukan ini telah sesuai dengan amanat UU No.2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi Tingkat Provinsi mempunyai kewenangan dalam hal pelatihan tenaga ahli.

Baca Juga :  HAN 2022, Pj Bupati Harap Orangtua Harus didik Anak dengan Baik

 

Sedangkan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota mempunyai kewenangan dalam hal pelatihan tenaga terampil, penyelenggaraan sistem informasi jasa konstruksi cakupan kab/kota.

 

Saat ini, kata Yultasmi, banyak Sistem Informasi Jasa Kontruksi yang masih tersegmentasi dan sedang diintegrasikan satu dengan lainnya, mulai dari perencanaan, pelelangan tender, Pelaksanaan, pengawasan konstruksi, pengoperasian dan pemeliharaan.

 

“Workshop Perencanaan dan Pelaksanaan Konstruksi Teknis Bangunan sudah diamanatkan dalam Permen. PUPR No. 16 Tahun 2021 Tentang Bangunan Gedung,” kata Yultasmi. (*)