Sidak ke Proyek Sungai Bertam, Komisi III Minta Dinas PUPR Awasi Pengerjaan

BERITA, INFORMASI, JAMBI62 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Komisi III DPRD Kabupaten Muaro Jambi melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah proyek fisik yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

Sidak yang dipimpin langsung oleh ketua komisi III, Sumarsen Purba itu melihat sejauh mana progres pembangunan jalan yang dilakukan oleh dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut Sumarsen, pembangunan ruas jalan yang menelan anggaran Rp 10 miliar lebih itu harus diawasi, jika tidak diawasi, dikhawatirkan tidak sesuai dengan spesifikasi.

“Pembangunan jalan ini uang rakyat, dan yang menggunakan jalan ini juga rakyat. Makanya kita sebagai wakil rakyat harus memastikan pembangunan jalan ini sesuai dengan spesifikasi yang ada,” kata Sumarsen ketika sidak di lokasi proyek di Sungai Bertam Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi.

Baca Juga :  Kenduri Sawarnabhumi Sukses, Pj Bupati Puji Kadis Pendidikan

Politisi PDIP ini menyebut, dalam sidak ini mereka meminta kepada Dinas PU untuk untuk selalu mengawasi pekerjaan yang ada di lapangan.

Tak hanya proyek yang saat ini disidak namun semua proyek yang ada di dinas PUPR Kabupaten Muaro Jambi juga harus diawasi dengan serius. Apalagi saat ini kondisi cuaca tengah musim hujan.

Mengingat kondisi cuaca yang saat ini sering hujan, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Muaro Jambi meminta kepada pihak rekanan atau kontraktor mengerjakan pekerjaan melihat kondisi cuaca.

Katanya, jangan sampai kualitas jalan sudah bagus namun dikerjakan di waktu yang tidak tepat atau ketika hujan.

Baca Juga :  Sejumlah tokoh Merapat ke Demokrat, Syahlan Rela Keluar PDI-P

“Akhir tahun cuaca curah hujan tinggi, jadi kita mengingatkan karena kita khawatir jangan anggaran besar itu nanti pekerjaannya tidak sesuai teknis artinya kalaupun nanti kualitas aspalnya dihampar bagus tapi cuaca tidak tepat hujan kan sia-sia juga,” kata Sumarsen Purba ketika meninjau proyek pembangunan jalan di sungai Batam Kecamatan jaluko Kabupaten Muaro Jambi.

Untuk itu, dirinya meminta kepada dinas pupr Kabupaten Muaro Jambi untuk melakukan pengawasan ketat terhadap proyek-proyek yang tengah dibangun saat ini.

“Kita tekankan sama mereka itu biar anggaran yang Rp 10 miliar itu maksimal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi Yultasmi melalui Kabid Bina Marga Amar Ma,ruf mengaku siap mengawasi hal tersebut.

Baca Juga :  Ahmad Haikal Dukung Batubara Stop Beroperasi

“Salah satu fungsinya mereka memang melakukan pengawasan. Apa yang menjadi catatan dan masukan yang sifatnya untuk kemajuan dan perbaikan tentu akan kami tindaklanjuti,” sebut Kabid Bina Marga Amar Ma’ruf.

Lanjutnya, terkait kondisi pekerjaan yang ada di Dinas PUPR Muaro Jambi yang disidak oleh komisi III, Amar menyebut jika progresnya sudah hampir selesai jika dipresentasikan kemungkinan hampir 100 persen.

“Palingan tinggal beberapa meter lagi. Dan hujan yang terjadi saat ini dominan pada malam hari sementara pengerjaan dilakukan siang hari. Mudah-mudahan pengerjaan tidak terganggu oleh cuaca,” imbuhnya. (*)

Komentar