Tingkatkan Kapasitas, TRC BPBD Muaro Jambi Gelar Pelatihan

INFORMASI45 Dilihat

LAMANJAMBI.COM — Untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan pengembangan kapasitas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muaro Jambi menggelar pelatihan.

Pelatihan itu dibuka langsung oleh Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah. Dalam kesempatan itu, Bachyuni Deliansyah didampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Muaro Jambi Alias, menyebut pelatihan menghadirkan Narasumber dari Kodim 0415/Jambi, SAR Provinsi Jambi dan Manggala Agni Jambi.

Baca Juga :  DPRD Muaro Jambi Sampaikan Hasil Pansus Aset dan Pendapatan Daerah

Katanya, melalui kegiatan ini diharapkan bisa mengasah fisik, mental dan keterampilan anggota, sehingga nantinya dalam menjalankan tugas ke depan bisa lebih maksimal.

“Soal kebencanaan, jiwa kemanusian, dan mentalitas inilah yang kita tumbuhkan baik itu terkait penanganan bencana kebakaran, banjir, tanah longsor dan lain sebagainya,” kata Bachyuni.

Baca Juga :  Kerap Terjadi Kemacetan karena Jalan Rusak, BPJN Jambi Rigid Beton Jalan Nasional di Batanghari

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala BPBD Provinsi Jambi itu menyebut , melalui kegiatan pelatihan ini juga dipersiapkan tenaga-tenaga handal dan terlatih sebagai petugas lapangan yang dapat mempersingkat respon time.

“Setiap ada informasi kedaruratan bencana dan dapat melaksanakan operasi pencarian, pertolongan serta evakuasi korban bencana secara efektif dan efisien sesuai SOP,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Muaro Jambi Alias, SH MH mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kesiapan semua Anggota TRC BPBD Kabupaten Muaro Jambi, baik dari segi fisik, mental dan pengetahuan dalam Penanggulangan Bencana.

Baca Juga :  Pemkab Muaro Jambi Terima Bantuan RDTR

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 9 hari dari tanggal 12 sd 20 Maret 2023 yang dibagi menjadi 3 Gelombang,” ungkap Alias. (*)