Diskominfo Jambi Komitmen Terciptanya Manajemen Keamanan Informasi

INFORMASI97 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, – Ariansyah tegaskan komitmen Diskominfo terciptanya manajemen keamanan Informasi. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi melalui Bidang Persandian dan TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi). Mengadakan Rapat Koordinasi Teknis Urusan Persandian Pada Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Provinsi Jambi. Pada Senin (8/5) bertempat di Hotel Shang Ratu. Acara ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi Drs. Ariansyah, M.E. Tampak hadir pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Persandian dan TIK, Nailul Authar, S.E., para peserta rakor dan para tamu undangan lainnya. Di katakan Kadis Ariansyah bahwa Provinsi Jambi adalah salah satu provinsi yang memiliki visi dan misi yang jelas. Di mana dalam pencapaiannya perlu penyelarasan program kerja dan kerjasama yang sinergi antara kabupaten/kota.

Baca Juga :  Kemenkumham Berikan Penghargaan kepada Pemkab Muaro Jambi

“Salah satu strategi dalam mewujudkan visi Provinsi Jambi adalah melalui peningkatan sumber daya manusia. Dan salah satunya adalah bagaimana mengamankan informasi di setiap lini kehidupan tanpa kecuali pada sektor pemerintahan daerah,” ungkap Kadis.

Pengamanan Informasi untuk Penyelenggara Sistem Manajemen Keamanan Kadis Ariansyah menjelaskan, kewenangan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan persandian. Adalah untuk pengamanan informasi harus mendukung terciptanya penyelenggaraan sistem manajemen keamanan informasi yang holistik.

“Persandian tidak hanya memberikan jaminan pada keamanan informasi berklasifikasi. Namun juga jaminan terhadap keotentikan, keutuhan ketersediaan dan nir penyangkalan.

Oleh karena itu persandian di lingkungan pemerintah daerah harus berperan dalam mendukung penyelenggaraan atau penyelenggaraan pemerintah. Yang berbasis elektronik dan penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik sesuai peraturan perundang-undangan,” jelas Kadis.

Baca Juga :  Paripurna DPRD Muaro Jambi Sepi, Kursi OPD diisi Oleh Wartawan

Lebih lanjut Kadis Ariansyah menyatakan bahwa dengan terbitnya kebijakan pemerintah pusat terkait penyelenggaraan urusan persandian di daerah. Maka di harapkan akan terwujud tata kelola keamanan informasi yang terintegrasi dan menyeluruh di semua hal baik di kementerian, lembaga terkait maupun pemerintah kabupaten /kota di daerah .

“Kami sangat menyadari upaya peningkatan fungsi persandian di Provinsi Jambi belum berjalan secara optimal. Untuk itu dengan di adakannya kegiatan rakornis ini kami berharap dapat memberikan pemahaman dan menyamakan persepsi. Terhadap langkah-langkah strategis apa saja yang akan di terapkan di daerah. Terkait dengan program kegiatan urusan persandian di Pemerintah Provinsi Jambi guna meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik,” kata Kadis.

Pada akhir sambutannya Kadis Ariansyah mengingatkan kepada pengelola urusan persandian dan program serta peserta yang hadir. Untuk dapat dengan sungguh-sungguh mengambil pengetahuan yang akan di sampaikan oleh narasumber. Sehingga dapat saling bersinergi, berkolaborasi dan berkoordinasi. Serta melaksanakan program atau kegiatan urusan persandian sesuai dengan kewenangan yang di berikan. Sementara itu sebelumnya, Kepala Bidang Persandian dan TIK, Nailul Authar, S.E. menyatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan sinkronisasi. Terkait program/kegiatan urusan persandian di Pemerintah Provinsi Jambi. “Rapat koordinasi ini di laksanakan dengan tujuan mendapatkan persamaan persepsi. Terkait program kegiatan yang di laksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi. Dan mendapatkan pemahaman terkait dukungan keamanan dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik,” ujar Kabid Nailu. (*)