Pimpin Apel Gabungan ASN Muaro Jambi, Gubernur Minta ASN Untuk Kurangi Gaya Hidup

INFORMASI44 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Gubrnur Jambi H Al Haris memimpin Apel Disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Senin (15/5).

Hadir dalam kegiatan itu Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah dan Sekda Budhi Hartono dan ratusan ASN dilingkup Pemerintah Kabupaten Muaro.

Gubernur Jambi pada kesempatan itu menyampaikan beberapa poin, mulai dari kedisiplinan ASN, potensi Muaro Jambi, gaya hidup hingga penggunaan anggaran sesuai kebutuhan daerah.

Sebagai pembina pegawai di Provinsi Jambi, Gubernur Al Haris menegaskan agar ASN di Muaro Jambi dapat meningkatkan kedisiplinan dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Sebagai pembina pemerintah provinsi Jambi, saya melihat disiplin ASN di Provinsi Jambi. Ada beberapa tokoh menemui saya satu hal yang mereka soroti kinerja kita yakni disiplin yang menurun. Banyak ASN tidak tepat bekerja dikantor. Ada absensi tidak bagus, sebagai simbol saja. Sebab itu saya minta apel disini, ini (Apel) juga saya akan lakukan daerah lain. ASN ini agen perubahan, kita ini pelaku yang membuat perubahan, kalau visi misi kepala daerah tidak jalan, ini juga ketidak berhasilan ASN. Maka perlu kami cek semuanya,” kata Al Haris.

Baca Juga :  Gubernur Haris Resmi Melantik Bachyuni Deliansyah sebagai Pj Bupati Muaro Jambi

Gubernur juga mengingatkan terkait gaya hidup ASN dan pengunaan mobil dinas bagi pejabat harus sesuaikan dengan kebutuhan.

“Saya wajib menekankan, ASN sudah diatur tunjangan penghasilan, itu atur dengan baik penghasilan kita. ASN ini disorot masyarakat, gaya hidup kita tidak boleh berlebihan. Bergaya sederhana tapi punya wibawa, kita masih menemukan ASN dengan gaya luar biasa. Gaya hidup kita menunjukkan kita arogan,” katanya.

Baca Juga :  Singkirkan Aprisal, Ini Tanggapan Bachyuni Soal Sukisno

Selain itu, dirinya juga meminta kepada pejabat yang menggunakan kendaraan dinas untuk memakai kendaraan tersebut sesuai dengan kebutuhan dinas, jangan untuk istri, untuk keluarga, pejabat jangan kuasai mobil dinas lebih dari satu. Sementara anak buah ada yang tidak punya mobil dinas.

“Saya minta Sekda tertibkan itu semuanya. Juga pikirkan pegawai di kantor, jangan pejabat setiap minggu pergi dinas, tapi pegawai tidak diberi SPPD, bina pegawai dengan baik,” ujarnya.

Terkait penggunaan anggaran, Gubernur Al Haris mengharapkan agar APBD digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah.

“Sering kali anggaran yang tidak urgen muncul di APBD, misalnya kita punya aula bagus di kantor kan tidak perlu kita ada buat acara di hotel. Jadi gunakan anggaran sesuai kebutuhan, misalnya ada jalan yang harus diperbaiki, atau ada kantor yang perlu direnovasi. Gunakan anggaran untuk keperluan masyarakat dan untuk menunjang kinerja kita,” katanya.

Baca Juga :  Asyik Ngamar, Oknum Camat dan Anggota DPRD digerbek Suami

Sementara untuk Bupati dan Sekda serta pejabat perlu siasat, bagaimana uang yang didapatkan di Muaro Jambi dihabiskan di Muaro Jambi ini, apakah buat rumah pegawai disini.

“Saat ini terbalik, gajian disini belanjanya di Jambi. Itu siasati, buat langkahnya apa. Saya berharap kinerja ASN Muaro Jambi dapat mengangkat derajat kesejahteraan masyarakat Muaro Jambi,” terangnya.(*)