Ivan Wirata Jadi Pemateri Kuliah Umum di UNBARI

EKBIS, INFORMASI, JAMBI325 Dilihat

LAMANJAMBI.COM, — Ivan Wirata Anggota DPRD Provinsi Jambi menjadi narasumber dalam kegiatan Kuliah Umum FE Magister Manajemen di Kampus Universitas Batanghari (UNBARI), Sabtu (14/1/23).

Wakil rakyat dari Dapil Muaro Jambi Batanghari itu menjelaskan jika keadaan perekonomian Provinsi Jambi saat ini belum maksimal untuk masyarakat golongan bawah.

“Harusnya perekonomian yang bagus memberikan dampak Trickle Down Effect atau efek menetes kebawah bukan Trickle Up Effect (efek muncrat ke atas), dimana kegiatan ekonomi yang lebih besar diharapkan dapat memberikan efek terhadap kegiatan ekonomi dibawahnya yang memiliki lingkup lebih kecil,” kata Ivan Wirata. Sabtu (14/1)

Baca Juga :  Soal Honorer, Edi Purwanto Sebut Mestinya digaji UMP

Menurut Ivan, prospek perekonomian kedepan Provinsi Jambi akan tumbuh baik seiring dengan normalisasi mobilitas, masyarakat dan bisa juga didukung dari sisi permintaan terutama untuk konsumsi dan investasi.

“Pertama, perekonomian diperkirakan akan tumbuh ditopang perbaikan permintaan baik domestik maupun eksternal Perbaikan ekonomi domestik didukung normalisasi mobilitas dan aktivitas masyarakat diperkirakan secara gradual akan mendorong optimisme masyarakat Provinsi Jambi,” tambahnya.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat sosok Cucu Dari Salah Satu Tokoh Pendiri Provinsi Jambi

Ketua DPRD Muaro Jambi Hadiri Rakornas Bersama Presiden

Tepat Waktu Dalam Pelaporan, Dinas Kominfo Muaro Jambi Terima Penghargaan

Layanan Baru Batik Air, Jogja – Singapura Tanpa Transit

Kedua kata Ivan, pemulihan ekonomi didukung dari sisi permintaan, terutama konsumsi, investasi dan ekspor yang memberikan spillovers ada perbaikan pendapatan masyarakat Provinsi Jambi.

“Bagi kelompok pemilik modal besar cenderung lebih mendapatkan kemudahan ekonomi, sedangkan perekonomian kecil yang berada dibawahnya kurang mendapatkan manfaat sehingga mengakibatkan ketimpangan semakin besar,” ungkapnya.

Baca Juga :  DPRD Muaro Jambi Sampaikan Rekomendasi LKPJ Bupati

Dalam menghadapi permasalahan ini dirinya menawarkan rekomendasi dalam melakukan upaya untuk mendorong pengembangan hilirisasi sektor perekonomian dan mendorong peningkatan nilai tambah tambang melalui hilirisasi pengelolaan coal bed methane dan proses likuifikasi batubara sebagai alternatif peganti gas alam cair.

“Kita juga bisa mendorong petani untuk melakukan diversifikasi dan integrasi usaha pertanian agar tidak memiliki usaha satu jenis saja namun bervariasi dan juga mendorong pengembangan produk unggulan daerah melalui peningkatan produktivitas,” tutupnya. (*)