Sebagai Tanda Jasa, Panglima TNI Naikkan Pangkat 3 Anggotanya yang Tewas ditembak KKB di Papua

LAMANJAMBI.COM, JAMBI — Pratu Anumerta Tuppal Halomoan Barasa anggota TNI asal Jambi yang meninggal ditembak mati oleh KKB akhirnya dimakamkan.

Dia dimakamkan secara militer di Makam Pahlawan Satria Bhakti The hok, Kota Jambi Sabtu (29/1).

Baca juga

 

Untuk diketahui, Pratu Anumerta Tuppal Halomoan Barasa gugur setelah kontak senjata antara TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Gome, Papua, Kamis (27/1) lalu.

Proses pemakaman jenazah Pratu Anumerta Tuppal Halomoan Barasa dilakukan secara militer. Mulai dari pelepasan dirumah duka hingga proses pemakaman.

Baca Juga :  Konfercab Fatayat NU Bungo Selesai. Nur Rahmawati keluar sebagai Pemenang

Karena meninggal saat bertugas,Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menaikkan pangkatnya satu tingkat dari sebelumnya. Jadi yang tadinya Pratu, kini menjadi Praka. Tak hanya Anumerta Tuppal Halomoan, dua orang anggota lainnya yang tewas dalam insiden tersebut juga naik pangkat satu lebih tinggi.

Baca juga

Pangkat setingkat lebih tinggi ini diberikan atas jasa dan pengabdian yang telah mereka berikan selama ini kepada bangsa dan negara.

Baca Juga :  Kalahkan Cikbur, Mashuri Sah Pimpin DPD Demokrat Jambi

 

Untuk diketahui, Kamis (27/1) lalu, tiga orang anggota TNI yang berdinas di Papua dikabarkan tewas ditembak Kelompok Separatis Teroris Papua atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Gome, Papua.

 

Satu dari tiga anggota tersebut merupakan warga Kota Jambi. Dia adalah Pratu Tuppal Halomoan Baresa. Sebelum ditugaskan di Papua, korban bertugas di Yonif R 408/SBH di Jawa Tengah. Korbantewas dengan luka tembak dibagian perut.

Informasi ini dibenarkan oleh Dandim 0415 Jambi Kolonel CZI Sriyanto. Kata dia, korban bertugas ke Papua sebagai Satgas Pamtas Mobile Yonif R 408/SBH.

Baca Juga :  Halal Bihalal Terakhir di DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Ucapkan Permintaan Maaf

“Pratu Tuppal Halomoan gugur di medan tugas,” kata Dandim.

Mendapatkan informasi itu, Dandim langsung mendatangi rumah orang tua korban di Jalan TP Sriwijaya, Kota Jambi.

Jenazah dibawa pulang ke Jambi dan dimakamkan secara militer di Makam Pahlawan Satria Bhakti The hok, Kota Jambi Sabtu (29/1).

Semoga tenang dialam sana Praka Anumerta Tuppal Halomoan Barasa. Dan semoga keluarga yang ditingalkan bisa menerima dengan lapang dada. (*)

 

Komentar