Karantina 3 hari Bagi Perjalanan Luar Negeri diberlakukan

LAMANJAMBI.COM, — Untuk mengatasi lonjakan jumlah penularan virus covid-19 di Indonesia, per 1 Maret ini, semua orang yang melakukan perjalanan luar negeri harus menjalani karantina.

Karantina Bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) ini berlaku untuk semua orang. Tak hanya memangkas karantina, pemerintah juga mulai memberlakukan uji coba PPLN bebas masuk Bali tanpa karantina mulai 14 Maret 2022. Aturan ini diberikan pada mereka yang sudah melakukan vaksinasi lengkap dan booster atau suntik ketiga.

Baca Juga :  Anggota DPRD Provinsi Jambi Buka Suara Terkait Insiden Tewasnya Dokter Dituduh Maling

Baca juga

 

Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan masukan dari para pakar dan menganalisis pelbagai data soal Covid-19 di Indonesia.

 

“Pada 1 Maret mendatang pemerintah akan memberlakukan karantina 3 hari bagi PPLN yang sudah vaksinasi lengkap dan booster,” kata Luhut dalam konferensi persnya.

Baca Juga :  Edi Purwanto Apresiasi Kinerja Polda Jambi

 

Bukan hanya itu, Luhut juga mengatur alur masuknya PPLN ketika hendak menjalani karantina selama tiga hari. Di antaranya mereka harus menunjukkan pembayaran booking hotel selama 4 hari dan menunjukkan sudah melakukan booster vaksin Corona.

Baca juga.

“PPLN juga harus melakukan entri PCR tes dan menunggu di kamar hotel sambil menunggu hasil tes negatif keluar. PPLN kembali melakukan pcr tes di hari ketiga,” kata dia.

Baca Juga :  Jaksa Lirik Pembangunan Turap di Teluk Rendah Pasar

Lebih lanjut, soal bebas karantina bagi PPLN yang datang ke Bali pada 14 Maret 2022 juga akan dikenakan beberapa persyaratan oleh pemerintah.

 

“Bisa saja 14 Maret bisa dipercepat jika seminggu ke depan angka membaik, karena di Bali kami melihat beberapa minggu terakhir angkanya membaik,” kata dia. (*)

 

Sumber Eranasional.com

Komentar